Senin, 06 Januari 2020

Melanjutkan Cerita

Senin, 6 Januari 2020 (9 Tevet 5780)


Melanjutkan Cerita

Bacaan :  Kis 1:1-5

 Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus, 
(Kis 1:1)

Kitab Kisah Para Rasul adalah kita sejarah penting yang memperlihatkan bagaimana para rasul pertama-tama menghidupi mandat Ilahi, setelah Yesus naik ke surga.  Ditulis oleh tabib Lukas (Kol 4:14), Kisah Para Rasul adalah buku kedua setelah Injil Lukas. Artinya, istilah "bukuku yang pertama" merujuk kepada Injil Lukas.

Injil Lukas ditulis dengan dua pesan utama yaitu 1) Apa yang dikerjakan Yesus, dan 2) Apa yang diajarkan Yesus.  Dan Kisah Para Rasul pada dasarnya adalah kelanjutan cerita yang sama, tetapi dengan aktor-aktor yang berbeda.  

Kisah Para Rasul memperlihatkan bahwa Yesus masih bekerja, dan mengajar, tetapi bukan secara langsung, melainkan melalui para Rasul, dan orang-orang percaya yang dilaporkan oleh Lukas secara detil.
Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa, bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat. (Kis 19:11)
Cerita Yesus berlanjut melalui kehidupan para rasul yang juga adalah murid-muridNya. Kesinambungan ini adalah kunci penting untuk mengerti bahwa pekerjaan kita selama dimuka bumi, bukanlah pekerjaan untuk dan demi kepentingan kita sendiri. Semuanya untuk melanjutkan cerita Yesus.  Apakah kelanjutan cerita setelah Yesus naik ke surga? Jawabanya adalah cerita Kerajaan Allah!
Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.  (Kis 1:3)
Cerita Yesus adalah cerita seorang Raja dan kerajaanNya. Para rasul adalah bagian yang melanjutkan cerita untuk mendatangkan KerajaanNya di bumi seperti di surga.  Dan bagian kita adalah melanjutkan pekerjaan membangun KerajaanNya. 

Pesan publik pertama yang diajarkan Yesus adalah tentang Kerajaan Surga yang ada di tangan kita (sudah dekat). Mat 4:17 menyatakan, "Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!""  Pengertian ada ditangan adalah terbukanya akses realitas kerajaan surga melalui Yesus.  Apa yang Yesus lakukan, kita bisa lakukan. Sebuah lompatan perubahan cara berfikir, sebab itu dikatakan "bertobatlah". 

Pendalaman Alkitab:
Kata dikerjakan dipakai kata dalam bahasa Yunani, poieō (G4160) yang artinya menjadikan, mengerjakan, membuat atau melakukan. Kata yang sama dipakai Yesus ketika Dia berkata, "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Menjadikan dari sesuatu menjadi sesuatu yang lain (to make a thing of something).  Artinya, semua yang ada dijadikan bahan baku untuk menjadikan barang lain.


Hidup kita adalah bagian dari ceritaNya


Hanny Setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar