Selasa, 07 Januari 2020

Kuasa Untuk Menyelesaikan

Selasa, 7 Januari 2020 (10 Tevet 5780)


Kuasa untuk menyelesaikan

Bacaan :  Kis 1:6-11

 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.
(Kis 1:8)

Perkataan langsung Yesus yang terakhir sebelum naik ke Surga dengan jelas memperlihatkan bahwa garis akhir dari pekerjaan yang harus dilakukan para rasul adalah "ujung bumi".  Sebuah pekerjaan yang maha besar untuk orang-orang biasa. Tapi, Tuhan tidak pernah salah, sampai hari ini perkataan itu masih hidup, dan ujung-ujung bumi menjadi saksi pekerjaan orang-orang biasa itu.

Satu hal yang Yesus minta sebelum melakukan pekerjaanNya adalah menunggu sampai Roh Kudus datang dan memberi mereka kuasa. Bahkan, dengan keras Yesus melarang mereka pergi dari Yerusalem, sebelum mereka dipenuhi dibaptis dengan Roh Kudus.
Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku. Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."  (Ki 1:5-6)
Jelas sekali bahwa tanpa kehadiran Roh Kudus, pekerjaan Tuhan yang maha besar itu tidak akan terselesaikan.  Membutuhkan Tuhan untuk menyelesaikan pekerjaan Tuhan.  Bapa mengutus Yesus (Yoh 3:16-17), dan Yesus melalui Bapa meminta Roh Kudus untuk menolong dan  menyertai kita senantiasa.  Yoh 14: 16 mengatakan, "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,"

Kuasa Roh Kudus adalah kuasa yang memampukan kita untuk melakukan pekerjaanNya, menyelesaikan semua mandat Ilahi yang kita terima. Pekerjaan Tuhan yang dikerjakan hanya secara jasmani, pada dasarnya hanyalah sebuah pekerjaan agamawi yang pada akhirnya membawa masalah bukan berkat.

Dilahirkan Roh Kudus (Yoh 3:6), diurapi Roh Kudus (Kis 1:8), dan dipimpin Roh Kudus (Rom 8:14) adalah tiga dimensi yang harus dihidupi sehingga hidup kita sepenuhnya dikuasai Roh Kudus. Dan Roh Kuduslah yang sepenuhnya mengerti pikiran, perasaan, dan kehendak hati Yesus.  Roh Kudus yang menterjemahkan semua rahasia Ilahi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan mandat kita.
Ia (Roh Kudus) akan memuliakan Aku (Yesus), sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.  Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku." (Yoh 16:14-15)
Bukan oleh gagah dan kuat, tapi oleh RohMu Tuhan (Za 4:6) adalah sebuah pernyataan iman Zerubabel ketika mendapatkan mandat untuk membangun bait suci. Demikian juga kita, selama kita hidup dimuka bumi ini, kita selesaikan setiap mandat dengan keyakinan ini  pekerjaan Tuhan, bukan kita.

Pendalaman Alkitab:
Kata kuasa dipakai kata dalam bahasa Yunani, dunamis (G1410) yang artinya kemampuan, kekuatan, tenaga, perbuatan ajaib. Dunamis inilah yang sering diartikan dengan urapan. Tanpa urapan tidak ada mandat yang bisa diselesaikan. Bukan hanya kemampuan manusiawi, tapi kemampuan Ilahi yang ajaib dan supranatural.


Urapan diberikan untuk menyelesaikan Mandat Ilahi

Hanny Setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar